Sekali lagi budaya asal kutip, asal comot, asal copy paste saya lihat. Selasa lalu ketika istirahat makan siang di perpustakan kantor, mata saya terusik oleh sebuah judul di rubrik IPTEK di koran Balipost. Judulnya “Apa itu blog“. Yang membuat saya semakin penasaran kala itu adalah, kenapa saya merasa saya pernah membaca artikel tersebut, waktu itu saya berpikir apakah mungkin saya dejavu ?. Namun akhirnya saya teringat bahwa saya pernah membaca artikel tersebut disebuah blog, bukan di koran.

Copy Paste ™

Pagi ini saya iseng cek situs Balipost dan coba membandingkan dengan situs yang pernah dikenal sebagai Bapak Blog Indonesia, Bung Enda Nasution. Ternyata artikel di Balipost itu adalah kutipan dari blog Enda dengan judul yang sama.Dimana yang diambil adalah dari paragraph ke 2 sampai ke 10, dan sedihnya saya tidak melihat sumber tulisan tersebut yang di cantumkan, cuman (iah/net) saja. Tidak ada lainnya. Sepertinya Balipost mengulangi kesalahan yang dilakukan Majalah Chic. Dan sepertinya balipost tidak belajar dari kesalahan lampau tentang masalah asal kutip.

Apa itu blog- Balipost

Saya cuma ingin tersenyum, si penulis Balipost ini seperti menulis sesuatu yang tidak dia ketahui dengan baik. Seandainya dia mengerti dunia blog, setidaknya dia tahu bahwa ini tulisan orang lain, dan kalau ia mengikuti dunia blog , setidaknya dia tahu bahwa asal copy paste pernah menjadi topik hangat tahun lalu di dunia blog indonesia.

Penulis juga manusia …., penulis blog juga khan ??