Wess.. kelar deh. Mail server up and running lagi, setelah koit sekitar 3 jam. Hari ini sebenarnya saya off karena ada upacara buat anak sulung saya, tadi pagi pas ketika mau memandikan si bungsu, user dari kantor telepon. Katanya semua user gak bisa kirim dan terima email. Sebelumnya ada mati listrik. Walah pasti deh UPS nya ngambek lagi nih.

Sialnya motor masih dibawa istri ke pasar buat beli “woh woh-an”. Akhirnya mesti nunggu istri datang dari pasar. Tapi untunglah adik ipar saya datang, saya pinjam motor nya saja. Si bungsu dititip ke dia, untung udah bobo sehabis di mandikan.

Begitu masuk ruang server. Byurr…, ruangannya panas. Sial AC nya mati karena mati listrik tadi dan si petugas yang punya tugas memonitor AC ini udah lupa kali sama tugasnya dia. Mail server idup karena restart sendiri namun mentok karena gagal mount satu file system. Fsck-ing automatisnya gagal dan meminta manual run, makanya macet. Kemudian saya melakukan fsck dengan harapan tidak ada hal yang tidak beres. Maklum semua alat serba tua. Sukurlah, semuanya normal. Service service yang memang sengaja di set untuk di start manual segera di start. Sukses. Segera kirim email pemberitahuan ke semua user.

Koq ini server milih ngadat pas saya lagi off yah ?. Dan juga hostingan kantor milih migrasi servernya pas hari ini juga. Khawatirnya MX dan A record nya domain kantor tidak update dan sesuai, pengalaman buruk terdahulu soalnya. Mudah mudahan saja semua berjalan lancar.

Senin depan propose UPS baru. Sudah, saya mau pulang, ngasah “blakas” untuk “mebat” nanti sore.