Memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia , hari ini 31 Mei 2006, sekedar mengingatkan kembali bahwa tembakau itu berbahaya. Tanpa bermaksud mengabaikan teman teman yang perokok, marilah kita jauhi rokok, atau tembakau apapun bentuknya. Rokok itu tidak baik.

Asap tembakau mengandung lebih dari 4000 senyawa kimiawi yang sebagain besar bersifat racun dan karsinogenik. Bayangkan apa yang bisa diperbuat oleh sekian senyawa kimiawi beracun terhadap tubuh kita. Tidak banyak orang yang tahu, tau lebih tepatnya tidak mau tahu. Saya jadi teringat perkataan pak supir yang mengantar saya beberapa waktu lalu ketika dia minta ijin untuk merokok dan mematikan AC serta membuka jendela mobil dan saya menanyakan kenapa dia tidak mencoba berhenti merokok saja. “Kenyataannya, lebih banyak orang yang tidak merokok yang lebih cepat mati Kalau sudah waktunya mati ya mati, mati itu khan di tangan Tuhan, betul khan Yan”, celotehnya sambil menghidupkan pemantiknya. Saya waktu itu diam saja, karena saya sedang berusaha mendapatkan udara bersih ( yang tidak kalah kotornya karena polusi asap kendaraan ) lewat jendela mobil. Kira kira kalau seperti itu mind-set nya, yang kita bisa harapkan adalah kesadarannya sendiri . Pembenaran demi kesenangan, menjadi hal yang biasa.

Di tempat saya, lokalisasi para karyawan yang perokok ditempatkan disebuah ruangan khusus, sebuah ruangan istirahat siang yang biasa menjadi tempat ajang adu catur sampai siesta. Rekan rekan sering mnyebut ruangan itu sebagai Killer Room. Seperti biasa disana tergantung poster bahaya rokok, ajakan menjauhi rokok dan sebuah asbak besar terbuat dari padas, tepatnya semacam pot dekorasi utnuk tanaman melati air yang di dalamnya disi pasir laut, dilengkapi jendela kaca besar. Dari luar terlihat seperti sebuah aquarium asap. Mereka berbagi mereka asap di dalama sana.

Saya kurang tahu, larangan merokok yang diberlakukan di DKI Jakarta apakah efektif atau tidak, namun sepertinya larang serupa cukup pantas di berlakukan di Bali.

Untuk yang merokok, mari mulai untuk mengurangi rokok kalau tidak bisa berhenti. Untuk yang tidak merokok …