Seolah tak lelah negeri ini di rundung malang, Sabtu pagi tgl 27 Mei 2006, Jogjakarta dan sekitarnya di guncang gempa. Sampai saat ini sudah ribuan orang dikhabarkan tewas, terutama terbanyak dari daerah Bantul. Tidak saya sangka, dimana perkiraan bahwa Merapi-lah yang akan menggeliat , ternyata justru kulit bumi yang menggeliat menghentak di tengah pagi. Saya turut berduka cita atas musibah yang menimpa saudara saudara kita di Jogkakarta.

Om swargantu, moksantu, sunyantu, murcantu
Om Ksama sampurnaya namah swaha

Adik saya yang kebetulan menimba ilmu di Jogja, sukurlah selamat, meski tempat kost-kostannya rusak parah dan dia mengungsi sampai ke Sumedang, Jateng di tempat temannya. Sebelumnya untuk mendapatkan khabar sangat sulit karena semua saluran komunikasi telepon benar benar jammed, semuanya sibuk. Sabtu malam sekitar jam 11 malam barulah saya berhasil menghubungi adik saya.