Iseng ngubek ngubek isi hardisk, nemu artikel lama saya di direktory dokumentasi. Memang topiknya basbang, udah banyak yang nulis kali, cuman daripada kelupaan, saya upload kesini saja.

———— silahkan di simak

Mungkin sering kita melihat sebuah icon kecil di kiri address bar pada browser spt Mozilla atau firebird, demikian juga di MS IE, yang mana gunaya adalah sebagai icon di favouritenya. Icon tersebut biasa disebut debagai favourite icon dan biasanya disimpan dengan nama “faveicon.ico”.

File ico adalah sebuah file dengan ukuran 16×16 atau 31×32 pixel yang mengandung warna kurang dari 256 warna. Itu adalah ukuran yang diperbolehkan untuk digunakan sebagai favicon.

Bagaimana membuat file icon tersebut ?. Ada beberapa cara , satu kita bisa gunakan sebuah icon editor , di platform windows pasti banyak ada yang shareware, freeware maupun yng komersial. Di GNU/Linux cobalah gunakan kiconeditor , bawaan KDE. Disini kita dituntut untuk menyusun warna pixel per pixel hingga akhirnya membentuk gambar atau image yang kita inginkan. Kalau anda tidak mau repot bisa lakukan cara berikut:

1. Pilih gambar yang ingin anda buat sebagai icon
2. Buka dengan Gimp atau Photoshop di Windows
3. Rubah ukuran gambar menjadi 16×16 ata 32×32 ( kelipatan 8 ), tentukan sesuaikan gambar agar proporsional pada ukuran kecil spt ini
4. Simpan gambar sebagai format .png ( tahu khan .png ? )
5. Sekarang convert gambar .png tadi ke .ico dengan program png2ico, misal : $png2ico favicon.ico wandira.png
6. Nah favicon.ico kita sudah jadi

Dimana program png2ico bisa didapat ? download di http://www.winterdrache.de/freeware/png2ico/ , ada yang for windows maupun yang for GNU/Linux. Keuntungan cara ini adalah kita tidak perlu repot menyusun pixel untul mebentuk gambar , karena gambar jadi di convert ke bentuk .ico

Sekarang bagaimana menaruhnya di web agar bisa tampil di browser dengan baik ?. Ada dua cara , pertama taruh saja favicon.ico di root direktory web page kita , kedua bisa dengan cara menambahkan kode HTML pada halaman web. Gunakan cara pertama saja dan jika menginginkan favicon yang berbeda setiap halaman web, gunakan cara kedua.

Selamat mencoba.

Desember 2003 – I Wayan Wandira

——–

Kalau yang tidak mau repot repot sekarang banyak Faveicon Generator di Internet, salah satunya di Dynamicdrive.